PELATIHAN PELATIH BULU TANGKIS FKOR UNS

Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan pelatihan pelatih bulu tangkis bagi mahasiswa FKOR.

Pelatihan ini bertaraf internasional, yakni Pelatihan Pelatih Badminton World Federation (BWF) Level 1. Kegiatan ini menggandeng Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Badminton Asia sebagai tutor.

Pelatihan ini berlangsung selama lima hari, mulai 23 November hingga 28 November 2021. Total peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 16 mahasiswa FKOR UNS dari berbagai kabupaten.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Pengprov PBSI Jawa Tengah, Yusuf Basri, Selasa (23/11/2021) di Hotel Grand HAP Solo.

Dalam sambutannya, Dekan FKOR UNS, Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan disiplin. Ia mengatakan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan mahasiswa yang sudah menjadi pelatih bulu tangkis.

“Semua yang disampaikan tutor harus dipahami karena nantinya kalian yang akan melahirkan atlet-atlet berprestasi di Indonesia"

Kegiatan ini terlaksana karena prestasi UNS yang berhasil melampaui indikator kerja, termasuk FKOR yang turut menyumbangkan prestasi sehingga mendapat insentif pendanaan,” terang beliau.

Sementara itu, Yusuf Basri menyampaikan bahwa parameter fisik dalam olahraga belum memiliki standar khusus. Kemudian, pada 2012-2015 tercipta melalui seleksi Junior Master sehingga PBSI memiliki parameter fisik yang sifatnya dinamis dan tidak stagnan.

“Semoga ilmu-ilmu keolahragaan khususnya dalam pelatihan dapat terus di-update apalagi sekarang semua harus menggunakan sport science. Kami berharap ada regenerasi pelatih-pelatih dan tutor pelatih yang selalu update ilmu kepelatihan,” lanjut informasi beliau.
;