Sejarah berdirinya dan perkembangan Fakultas Keolahragaan. Peran strategis yang dapat dimainkan oleh Fakultas Keolahragaan UNS meliputi tugas pokok menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi, untuk itu berbagai upaya dalam hal perencanaan strategis, merespon tantangan-tantangan, serta penentuan paradigma baru dalam penataan institusi harus bersifat sistematis melalui pengembangan visi dan misi Fakultas Keolahragaanyang lebih realistis. Dalam upaya memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan pengembangan keilmuan Fakultas Keolahragaan UNS memiliki peran yang besar terutama dalam menyiapkan SDM ilmuwan yang berkualitas. Pada gilirannya SDM ini mampu mengisi di berbagai jaringan yang berkualitas guna mewujudkan hal tersebut, perlu dilakukan langkah-langkah strategis sehingga Fakultas Keolaharagan mampu berkontribusi meningkatkan daya saing bangsa (nation’s competitiveness).

 Hal pokok yang merupakan potensi kelembagaan UNS sebagai berikut: (1) Fakultas Keolahragaan dirancang sebagai pengembangan dari JPOK yang sudah dimiliki UNS sejak berdiri pada Tahun 1976, dimana JPOK tersebut merupakan peleburan Sekolah Tinggi Olahraga (STO) yang berdiri Tahun 1963; (2) Sejak Tahun 1999 UNS telah membuka Program Studi Magister Ilmu Keolahragaan jenjang Strata 2, bahkan sekarang sudah membuka Program Doktor Ilmu Keolahragaan; (3) UNS memiliki beberapa fakultas dan berbagai sumber daya didalamnya untuk terus mendukung pengembangan Ilmu Keolahragaan yang memerlukan pendekatan multidisiplin, interdisiplin, krosdisiplin, dan transdisiplin; (4) UNS merupakan Universitas besar di Indonesia dengan nilai akreditasi institusi “A” yang secara geografis berada di Kota Surakarta yang merupakan kota dengan predikat “Wisma Keprabon Olahraga Nasional” dan juga julukan “Kota Olahraga Dan Budaya”; (5) Fakultas Keolahragaan diproyeksikan memenuhi standar internasional, baik secara keilmuan maupun kelembagaan, seiring dengan rencana strategis UNS menuju World Class University.

Kebutuhan untuk berkembang menjadi Fakultas Keolahragaan UNS juga merupakan mekanisme adaptasi UNS dalam menerima tantangan ke depan tentang pengembangan eksistensi dan daya saing UNS melalui keunggulan keolahragaan. Unggul dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga prestasi, maupun olahraga rekreasi berbasis pada pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Keolahragaan. Hal ini sesuai dengan era “Kabinet Kerja” saat ini terkait dengan nomenklatur adanya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa FKOR UNS memiliki tantangan yang cukup besar untuk turut berperan aktif mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terarah dan berkualitas, terutama mengacu pada kualifikasi kompetensi sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Untuk itu diperlukan upaya-upaya strategis untuk meningkatkan dan mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam bidang keolahragaan. Sebagai salah satu bagian dari organisasi di UNS, Fakultas Keolahragaan juga berupaya mengembangkan tatakelola yang baik (Good University Governance) melalui organisasi yang sehat (Healthy Organization) dan kemandirian dalam pengelolaan (Autonomy).

Carousel Post: No posts found