VISI

 

Menjadi Program Studi yang mampu menghasilkan ilmuwan di bidang keolahragaan yang berkarakter kuat, cerdas, kompeten, dan profesional.

MISI

  1. Melaksanakan proses pendidikan Program Doktor Ilmu Keolahragaan yang berkualitas dan tepat waktu.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang keolahragaan yang dapat menunjang perkembangan keolahragaan nasional dan global.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang keolahragaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat

SEJARAH

 

Program Studi Doktor Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret telah dirintis sejak tahun 2011 oleh Ketua Program Studi Magister Ilmu Keolahragaan saat itu yaitu Prof. Dr. Sugiyanto. Rintisan tersebut didasari pada pemikiran bahwa Ilmu Keolahragaan mengalami perkembangan pesat di Negara-negara maju. Di Indonesia pengembangan Ilmu Keolahragaan masih harus ditangani secara serius utamanya oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Keolahragaan melalui Program Studi-Program Studi yang dikelolanya. Sementara Program Studi Magister Ilmu Keolahragaan di UNS sudah diselenggarakan sejak tahun 1999, maka perlu dikembangkan lebih lanjut dengan menyelenggarakan Program Doktor.  Hal ini sangat disadari oleh para pengelola Program Studi Magister Ilmu Keolahragaan UNS. Maka dibentuk Tim untuk mempersiapkan langkah-langkah penyusunan usulan. Tim intinya adalah sebagai berikut:

Ketua              :   Prof. Dr. Sugiyanto

Sekretaris        :   Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., AIFO.

Anggota          :   1. Alm. Prof Dr. Kiyatno, dr. PFK., M.Or., AIFO.

                              2. Prof Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.

                             3. Dr. Diffah Hanim, M.Si.

Tim bekerja dengan didukung oleh beberapa dosen dari Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, dan dari Fakultas Kedokteran. Melalui lokakarya dan diskusi-diskusi, disusun usulan sesuai dengan format yang ditentukan. Pada saat usulan sudah jadi dan diunggah sesuai prosedur yang berlaku pada tahun 2012, dan sudah dilakukan penilaian sampai format IV dan dapat disetujui, ternyata format V yang diproses selanjutnya tidak ada beritanya lagi. Penyebabnya karena terjadi pergantian pejabat yang mengurusi dan adanya perubahan kebijakan mengenai prosedur pengusulan yang diberlakukan.

Dengan segala dinamika yang terkait dengan perubahan-perubahan kebijakan pusat mengenai prosedur pengusulan Program Studi baru tersebut, maka akhirnya usulan Program Studi Doktor Ilmu Keolahragaan UNS dapat disetujui dan dibuka berdasarkan pemberian izin pembukaan Program Studi yang tertuang dalam Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 56/KPT/I/2016 tertanggal 20 Januari 2016. Sebagai Kepala Program Studi yang pertama, ditugaskan kepada Prof. Dr. Sugiyanto melalui Surat Perintah Rektor Nomor 3991/UN27/KP/2016  tertanggal 31 Maret 2016.