The Blog

UNS – Mengawali kuliah perdana di semester genap Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kuliah umum pada hari Senin (24/02/2020) di Gelanggang Olah Raga (GOR) FKOR UNS, Kampus Manahan. Acara ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa FKOR dari berbagai angkatan. Antusiasme mahasiswa mengikuti acara ini cukup baik karena tempat duduk mahasiswa penuh terisi bahkan sampai duduk di salah satu sisi tribun.

Tema yang diangkat dalam kuliah umum kali ini adalah Kiat Sukses Akademik dan Menjadi Atlet Nasional. Terdapat tiga pembicara yang menjadi narasumber yaitu Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd selaku Dekan FKOR, Berlian Marsheilla (Atlet voli nasional) dan Nina Gusmita (Atlet Nasional Atletik Kursi Roda). Keduanya merupakan lulusan dan mahasiswa aktif UNS.

Materi pertama disampaikan oleh Dr.Sapta Kunta Purnama, M.Pd terkait dengan Kiat Sukses Akademik. Terdapat tiga poin yang bisa diperhatikan untuk bisa menjadi mahasiswa yang sukses dibidang akademik yaitu dengan memastikan nilai indeks prestasi komulatif (IPK) stabil diangka 3,5. Kemudian aktif mengikuti organisasi dan lomba-lomba baik di kampus maupun diluar kampus.

Menurut beliau penting untuk dipahami bahwa menjadi mahasiswa FKOR merupakan sebuah tantangan. Karena tidak sedikit mahasiswa FKOR yang memiliki latar belakang sebagai atlet dan masih meneruskan karirnya hingga saat ini. Sehingga perlu diseimbangkan untuk bisa meraih prestasi yang baik saat kuliah, dan tetap meraih prestasi sebagai atlet. Beberapa kiat disampaikan untuk memberikan petunjuk bagi mahasiswa.
“Setelah kuliah seminimal-minimalnya kalian bisa membaca ulang materi yang diberikan oleh dosen, paling tidak 10 menit setiap harinya,” tutur Dr.Sapta Kunta Purnama, M.Pd ditengah mahasiswa yang hadir.

Usai materi dari Dr.Sapta Kunta Purnama, M.Pd disampaikan, lanjut pada diskusi berikutnya bersama dengan atlet nasional asal UNS. Berlian Marsheilla membagikan pengalamannya dari awal memulai perjalanan sebagai atlet sampai akhirnya saat ini menjadi bagian dari tim nasional Bola Voli. Banyak hal yang telah dilalui oleh Berlian Marsheilla, salah satu momen yang diceritakan adalah saat dia harus melakoni tiga peran disaat yang bersamaan yaitu menjadi mahasiswa, atlet sekaligus karyawan disebuah perusahaan. Tentu tidak mudah melakukan ketiganya secara beriringan, tetapi dengan manajemen waktu yang baik semua bisa dijalani Berlian Marsheilla dengan baik.

Kisah ini menarik perhatian salah satu mahasiswa untuk bertanya, bagaimana caranya menjadi atlet yang hebat. Berlian Marsheilla menjawab jangan pernah merasa hebat sebagai atlet, meskipun kalian sudah berada diatas angin. Karena dengan merasa kurang kalian akan terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi.

Tidak hanya Berlian Marsheilla, Nina Gusmita (Atlet Nasional Atletik Kursi Roda) juga menceritakan perjuangannya menjadi atlet atletik kursi roda hingga saat ini. Awalnya Nina Gusmita merupakan mahasiswa biasa yang sejak kecil telah memiliki ketertarikan dibidang olah raga. Hal ini didukung oleh sang ibu yang juga gemar berolahraga. Namun karena sebuah musibah Nina Gusmita harus menggunakan kursi roda untuk menunjang perjalanannya sebagai atlet.
“Ketika itu memang rasanya berat, saya berpikir bahwa semua akan meninggalkan saya. Tetapi tidak, keluarga terutama ibu terus mendukung dan merawat saya sampai saat ini. Ibu yang mengantar saya kemana-mana. Sahabat-sahabat saya juga mendukung dan memberi semangat,” kata Nina Gusmita.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com