The Blog

Pada hari Minggu 20 September 2020 bertempat di ruang aula Pascasarjana telah diadakan kejuaraan nasional pencak silat secara virtual. Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT pada pukul 8:00 wib via virtual zoom, dalam sambutannya Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT menyambut baik kejuaraan pencak silat dengan virtual mengingat wabah pandemi yang saat ini belum berakhir.

Kejuaraan diikuti oleh berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa dari berbagai Universitas diantaranya: Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Lampung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Kaltim, Universitas Garut, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Pare-Pare, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Muhammadiyah Kudus, Universitas Muhammadiyah Sorong, Universitas Tanjung Pura Kalimantan Barat. Sementara UNS sebagai tuan rumah mengirimkan timnya terdiri dari tim putra A, B dan Tim Putri A, B.

Masing-masing peserta menampilkan gerak silat kurang lebih 3 menit via zoom dan di nilai oleh dewan juri yang berjumlah 5 orang, dewan juri semuanya dari IPSI (ikatan pencak silat indonesa).

Kejuaraan berakhir pada pukul 14:00 wib dan dilanjutkan penilaian oleh dewan juri sampai dengan pukul 16:00 wib. Jam 16:00 diumumkan pemenang-pemenang kejuaraan per kategori yaitu: tunggal putra juara 1 Universitas Sebelas Maret B, juara 2 Universitas Negeri Jakarta, Juara 3 Universitas Garut, Juara Harapan 1 Universitas Gadjah Mada, juara harapan 2 Universitas Sebelas Maret A, juara harapan 3 Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Untuk tunggal putri juara 1 Universitas Sebelas Maret A, Juara 2 Universitas Negeri Jakarta, juara 3 Universitas Gadjah Mada, juara harapan 1 Universitas Muhammadiyah Magelang, Juara harapan 2 Universitas Garut, juara harapan 3 Universitas Sebelas Maret B. untuk regu putra juara 1 Universias Negeri Jakarta, juara 2 Universitas Sebelas Maret A, juara 3 Universitas Sebelas Maret B, juara harapan 1 Universitas Pendidikan Ganesha, juara harapan 2 Universitas Negeri Jember. Untuk regu putrid juara 1 Universitas Garut, juara 2 Universitas Negeri Jakarta, juara 3 Universitas Sebelas Maret A, juara harapan 1 Universitas Gadjah Mada, juara harapan 2 Universitas Sebelas Maret B, juara harapan 3 Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Acara ditutup pada pukul 16:15 wib oleh Dekan FKOR UNS Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd, dalam sambutannya Dekan menyampaikan selamat kepada para juara yang telah memenangkan kejuaraan pencak silat walaupun ditengah tengah wabah pandemic, kebetulan mahasiswa yang ikut kejuaraan pencak silat sebagian besar adalah dari Fakultas Keolahragaan Uns. Semoga ke depannya acara tersebut bisa lebih baik lagi, para juara mendapatkan trophy dan uang pembinaan yang nantinya trophy akan dikirim ke alamat masing-masing para juara.

Fkor#edikusnadi