Mahasiswa FKOR UNS Dilepas untuk KKN MBKM Membangun Desa

Sebanyak 50 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dilepas untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa Periode Juli-Agustus 2023. Pelepasan mahasiswa dilakukan oleh Dekan FKOR UNS, Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd di Halaman Depan Gedung Soepiarto FKOR UNS pada Selasa (26/7/2023).

KKN MBKM Membangun Desa merupakan salah satu program dari Unit Pengelola Kuliah Kerja Nyata (UPKKN) UNS yang bekerja sama dengan Research Group Fakultas yang melaksanakan skema pengabdian masyarakat. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar dan berkontribusi bagi mahasiswa di desa-desa binaan Research Group Fakultas.

Dekan FKOR UNS, Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd mengatakan bahwa pelepasan mahasiswa KKN MBKM Membangun Desa ini merupakan bentuk dukungan FKOR UNS terhadap program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ia berharap mahasiswa FKOR UNS dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan kompetensi, kreativitas, dan karakter mereka.

"Kami berharap mahasiswa FKOR UNS dapat berkontribusi banyak dalam membangun desa kali ini serta dapat bersinergi dengan masyarakat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa" ujar Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.


Mahasiswa FKOR UNS yang mengikuti KKN MBKM Membangun Desa berasal dari berbagai program studi, seperti Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan IPA, dan Pendidikan Teknologi Informasi. Mereka akan ditempatkan di 10 desa binaan Research Group Fakultas yang tersebar di Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Sragen, dan Wonogiri.

KKN MBKM Membangun Desa Periode Juli-Agustus 2023 akan berlangsung selama 45 hari, mulai dari tanggal 27 Juli hingga 10 September 2023. Selama menjalankan KKN, mahasiswa akan melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan tema dan program kerja yang telah disusun bersama dengan dosen pembimbing dan masyarakat desa. (FKOR)

;